Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Atasi Bosan saat Lakukan Penerbangan Jarak Jauh

Gaess, sudah punya rencana liburan ke Seoul tahun ini? Yes, Seoul, Korea Selatan menjadi salah satu destinasi favorit akhir-akhir ini. Selain karena kotanya yang bersih dan menarik, tentu saja dampak K-pop membawa pengaruh besar banyaknya orang yang ingin mengunjungi Seoul. 

Dari Indonesia sendiri, kamu akan menempuh 7 jam lebih penerbangan sebelum sampai ke Seoul, Korea Selatan.

Nah, selama penerbangan yang lama itu, tentu kamu bisa saja merasa bosan dan tidak nyaman, apalagi jika itu termasuk long-haul flight pertama kamu. Well, agar kamu merasa tetap nyaman selama penerbangan Jakarta Seoul, ikuti 8 tips di bawah ini!

7 Cara Atasi Bosan saat Lakukan Penerbangan Jarak Jauh

Tips Atasi Bosan saat Lakukan Penerbangan Jarak Jauh  


1. Pesan Tiket Pesawat dan Pilih Seat yang Nyaman

Memesan tiket pesawat lebih awal akan membuat penerbangan Jakarta Seoul yang kamu lakukan akan lebih nyaman. 

Keuntungan pertama memesan tiket penerbangan Jakarta Seoul lebih dulu adalah kamu bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan membelinya saat mendekati waktu keberangkatanmu.

Selain itu, karena penerbangan Jakarta Seoul memakan waktu cukup lama, kamu bisa memilih tempat duduk yang menurut kamu nyaman selama penerbangan. 

Kamu juga bisa memilih maskapai yang tepercaya dengan membeli tiket pesawat lebih awal. Jangan sampai kamu membeli tiket pesawat terburu-buru dan tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Pakai Pakaian yang Nyaman

Selain menyiapkan tiket pesawat lebih dini, kamu juga harus menyiapkan pakaian yang nyaman untuk digunakan selama long-haul flight ini.

Bukan hanya untuk rasa nyaman selama penerbangan, kamu juga harus memikirkan cuaca tempat tujuan. Korea Selatan merupakan negara empat musim, sehingga kamu harus menyesuaikan pakaian dengan tempat tujuanmu.

Karena di pesawat biasanya cenderung lebih dingin, kamu bisa mengenakan baju yang lebih hangat atau menambahkan layer pakaian, misalnya mengenakan luaran atau jaket yang bisa dengan mudah dilepas jika sudah terasa gerah.

Pemilihan pakaian yang nyaman akan membantu kamu lebih leluasa untuk bergerak juga selama di pesawat. Tapi, karena tempatnya cenderung kecil, pastikan pakaian kamu tidak menyusahkan selama penerbangan berlangsung, yaaa.

3. Bawa Barang yang Esensial

Jika kamu menggunakan bagasi, jangan lupa untuk meninggalkan barang-barang esensial untuk dibawa ke dalam pesawat. Barang-barang esensial ini seperti obat-obatan, perlengkapan kebersihan atau toiletries, dan bantal leher atau penutup mata.

Kamu juga bisa merawat diri saat penerbangan berlangsung dengan membawa masker wajah yang simpel seperti sheet mask atau eye mask dan menggunakannya selama penerbangan.

Nah, jika kamu berniat untuk tidur selama penerbangan, siapkan juga kaos kaki agar nyaman dan kamu bisa melepas alas kaki selama penerbangan.

4. Tetap Terhidrasi

Selama long-haul flight, sering kali kamu luput untuk minum air putih dan menjaga diri tetap terhidrasi. Padahal ini adalah hal yang penting agar kamu tidak dehidrasi, lho. Jika mengalami dehidrasi, tubuh kamu akan terasa tidak nyaman dan tidak enak badan, liburan kamu bisa gagal karena badan yang tidak sehat.

Selama penerbangan, jangan lupa untuk konsumsi air putih yang cukup dan usahakan untuk menghindari alkohol walaupun disediakan oleh maskapai. Sebuah penelitian menyatakan bahwa tetap terhidrasi selama penerbangan jauh akan sangat penting untuk mencegah deep vein thrombosis.

Deep vein thrombosis atau penggumpalan darah di kaki ini sering terjadi dalam penerbangan. Bukan hanya itu, menjaga diri kamu tetap terhidrasi akan membantu mencegah penggumpalan darah hingga serangan jantung saat sedang bepergian.

5. Siapkan Hiburan

Saat penerbangan jauh, kamu tidak bisa hanya mengandalkan hiburan yang tersedia di pesawat saja walaupun memang sudah disediakan berbagai jenis film dan musik.

Agar kamu merasa lebih nyaman, kamu bisa mengunduh serial atau film yang ingin kamu tonton terlebih dahulu sebelum berangkat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menontonnya selama penerbangan. Jika kamu ingin menonton series atau film tertentu, pastikan baterai HP cukup selama penerbangan untuk menonton.

Kalau kamu ingin menghemat baterai HP, kamu bisa membawa buku untuk dibaca maupun buku sketsa untuk menggambar. Saat penerbangan, kamu bisa sekreatif mungkin membuat kegiatan yang menghibur.

Jangan lupa untuk membawa earphone/headset agar tidak mengganggu aktivitas sekitar kamu.

6. Sesuaikan Jadwal Tidur

Agar tidak jet lag, kamu harus menyesuaikan jadwal tidur sebelum penerbangan panjang.

Salah satu tips agar tidak jet lag begitu sampai ke tempat tujuan adalah dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup, tidur yang cukup selama penerbangan, dan tetap terhidrasi.

7. Lakukan Pemanasan Ringan

Jika memungkinkan, lakukanlah pemanasan ringan selama di pesawat. Kamu bisa melakukan peregangan dari tempat duduk selama penerbangan.

Peregangan dilakukan agar tubuh kamu tidak kaku karena berada pada posisi yang sama selama 7 jam penerbangan dari Jakarta ke Seoul.

 Penutup

Itu dia beberapa tips tetap nyaman selama penerbangan jarak jauh. 

Oia, saya sendiri punya pengalaman pertama kali long haul flight di tahun 2009 pada penerbangan Jakarta New Orleans (dengan 3 kali transit di Singapura, Moscow dan Houston) selama sekitar 23 jam penerbangan! Gimana enggak bosan..😀

Jadi jangan lupa lakukan beberapa tips atasi bosan saat lakukan penerbangan jarak jauh di artikel ini agar kamu merasa tetap nyaman selama penerbangan!💕


Happy Traveling

Dian Restu Agustina

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

8 komentar untuk "7 Cara Atasi Bosan saat Lakukan Penerbangan Jarak Jauh"

  1. Setuju tuh, pakaian yang nyaman emang penting banget pas long flight. Biarin gak kece pun yang penting bisa tidur nyaman, wkwkwk. Biasanya aku gak kepikiran ngapa-ngapain ya soalnya orangnya malesan. Untuk hiburan paling denger musik aja, kalau nonton film harus banyak jedanya. Tapi kalau ibu mertuaku tiap ke Indonesia dari US pasti dia baca ebook atau malah buku beneran di pesawat. Aku sih gak sanggup :D

    BalasHapus
  2. Wow, pernah punya pengalaman 23 jam di pesawat? Hebat banget bisa ngatasi rasa bosan dan tidak enaknya duduk selama itu di pesawat, bu😍. Selama ini aku memang belum pernah merasakan oengapengalnaik pesawat saat dewasa, tapi sebenarnya memang pengen banget bisa ke luar negeri. Jadi pas Nemu tips ini rasanya wah' banget Makasih buat tipsnya buB Semoga nanti bisa dipraktekkan langsung.

    BalasHapus
  3. Wuih, pengen banget merasakan penerbangan jarak jauh juga... pengennya sih ke Mekah, aamiin. Selama ini baru merasakan terbang ke Jakarta doang, sak nyukan udah langsung sampai, wkwk. Ternyata memang harus prepare banget ya kalau mau terbang jauh... biar tetap nyaman dan jetlagnya nggak lama-lama.

    BalasHapus
  4. Apa-apa yang bikin nyaman harus menjadi poin utama yang diperhatikan saat mengadakan penerbangan jarak jauh ya Mbak .... tentunya barang bawaan juga. Persiapan harus mantap.

    BalasHapus
  5. Wow kak Dian.. 23 Jam pasti kalo gak pake tips di atas bakalan bosan banget. Kalo saya pasti sukanya tidur dan ngemil di perjalanan. Oh ya satu lagi kak.. Baca buku. Ini bisa motong waktu banget.

    BalasHapus
  6. Penting banget niy mba kalau buat saya saat penerbangan, harus nyaman, dan banyak yang biasa saya lakukan supaya ga bosen apalagi utuk perjalanan jauh biar tetap nyaman dan ga bosan

    BalasHapus
  7. Wah penerbangan terpanjang saya cuma dua jam perjalanan mba hehehhe.
    Teringat cerita adik laki-laki saya terbang jerman -indo dan sebaliknya, dua kali transit juga, kadang transitnya semalaman lagi. Sehari semalam untuk pulang ke indo atau sebaliknya.
    Kayak naik bus ALS jakarta-Medan.
    Nah kalo naik bus lama dulu saya sering mba hihihi

    BalasHapus
  8. 7 jam perjalanan di pesawat pasti bakalan bosan, sih. Memang perlu banget nih, peregangan dan pastinya kalau aku bakalan bawa buku. Selama ini kalau di kereta juga lebih suka baca buku, terlalu lama melihat layar hp malah bikin pusing.

    BalasHapus