Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Taliwang Irama 3 Lombok yang Menggugah Selera

Saya pernah lama tinggal di Bali untuk kuliah dan bekerja. Selama di Bali saya pernah dua kali ke Lombok. Bali dan Lombok bertetangga sehingga saya cukup familiar dengan makanan khasnya, yang sesuai dengan nama pulaunya bercita rasa dominan pedas. Nah salah satu favorit saya adalah Ayam Taliwang. 

Karenanya saat saya mengunjungi Pulau Lombok lagi di bulan Juni, saya pun hunting menu ini. Selama lima hari saya mencoba menu yang sama di empat tempat berbeda, dan Lesehan Taliwang Irama 3 yang jadi favorit saya! Dengan pilihan menu yang bervariasi, rasa jempolan, tempatnya nyaman, pelayanan memuaskan, harga yang sangat aman dan yang paling penting pedasnya pas bagi saya! 

Ayam Taliwang Irama 3 Lombok yang Menggugah Selera

Asal-Usul Ayam Taliwang


Nah, Ayam Taliwang adalah hidangan tradisional yang berasal dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, tepatnya dari Desa Karang Taliwang. Hidangan ini terkenal dengan rasa pedas yang khas dan menggugah selera dan pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Suku Sasak di Lombok, terutama oleh penduduk Desa Karang Taliwang

Konon, hidangan ini sudah ada sejak zaman kerajaan, ketika Ayam Taliwang sering disajikan sebagai sajian istimewa bagi para bangsawan atau keluarga kerajaan. Pengaruh budaya kerajaan yang kuat dan kekayaan rempah-rempah lokal menjadikan Ayam Taliwang sebagai simbol dari kuliner khas Lombok.

Nah, popularitas Ayam Taliwang makin berkembang pesat di era modern, terutama ketika wisatawan nusantara maupun mancanegara ramai berdatangan. Keunikan bumbu pedasnya yang terbuat dari campuran cabai merah, bawang putih, bawang merah, terasi, kemiri, dan berbagai rempah lainnya, menjadikannya salah satu hidangan favorit bagi para pelancong ini. 

Meski memang enggak semua bisa menyantapnya karena kadang yang enggak tahan pedas banget seperti saya bisa berasa terbakar lidahnya..huh hah..huh..hah

Oia, Ayam Taliwang umumnya disajikan bersama plecing kangkung, yakni sayur kangkung yang juga memiliki rasa pedas. Juga bisa dilengkapi beberapa menu lain seperti tahu/tempe goreng, ikan bakar, sate, beberok terong, dan lainnya seperti yang disajikan di Lesehan Ayam Taliwang Irama 3 ini.

@dianrestuagustina Taliwang Irama 3...maknyuss🤩 #ayamtaliwang #taliwangirama3 #lombok #CapCut ♬ Hati Boleh Kosong Perut Jangan - Khoir Wirawinata
Ayam Taliwang Irama 3 Lombok yang Mantap Betul!


Jadi, saat on the way ke Kota Mataram dari Novotel Lombok Resort and Villas, hotel tempat kami menginap selama di Pulau Seribu Masjid ini, Bang Lukman driver kami sudah saya wanti-wanti, untuk mendatangi resto Ayam Taliwang di Kota Mataram nanti. Nah, pas jam makan siang kami tiba di rumah makan yang berlokasi di Jl. Ade Irma Suryani No.53, Monjok, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ini.

Dari depan area rumah makan ini seperti tidak terlalu luas, saat itu parkiran hampir penuh dengan kendaraan. Begitu masuk ke dalam ternyata area terbuka, luas memanjang ke belakang dengan pilihan dining area mau duduk atau lesehan, bisa berdua, berempat sampai berombongan pun tersedia tempatnya.

Biar gampang karena perut juga sudah sangat lapar (maklum dari Mandalika ke Mataram jaraknya satu jam) saya pesan menu paketnya saja, biar bisa saling icip dan disantap bersama.

Dan ternyata enggak pakai lama, datang pesanannya..langsung santap, saking ngilernya sampai lupa foto-foto detilnya haha. Asli mantap betul ini!!

Ukuran ayamnya tuh pas tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, karena Ayam Taliwangnya berbahan ayam kampung usia 3 bulan, jadi pas ukurannya dan dari segi rasa masih manis, dan tidak alot.

Juga, ayam jenis ini akan memudahkan bumbu meresap ke dagingnya, sebab Ayam Taliwang tidak diungkep/direbus/digoreng dulu melainkan langsung dibumbui lalu dibakar, diolesi bumbu lagi, lanjut dibakar lagi..hingga matang. Tak heran kita dapatkan daging ayam yang empuk, gurih dan juicy dari hasil pembakaran sempurna ini.

Selain itu pada paket yang saya pesan ada ikan bakar yang tak kalah nikmatnya, plecing kangsung dengan tekstur yang kres kres segar, juga ada pilihan sambal yang beuuuh enak tenan dan babalung (semacam sop tulang) yang hangat segar!

Berteman minuman yang menambah nikmatnya sajian, ada durian sudah di-pack ditawarkan di dekat kasir..Saya pun coba sekotak - seharga seratus ribu. Wah, legit dan tebal dagingnya. Saya enggak tahu apakah ini ada terus atau menu tambahan di sini, tapi kalau dirimu nemu, cobain juga deh ya.

Lesehan Taliwang Irama 3 Lombok

Lesehan Ayam Taliwang Irama 3: Recommended!


Well, Ayam Taliwang telah menjadi ikon kuliner Lombok yang tidak hanya disukai oleh penduduk lokal, tetapi juga telah menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner yang terkenal di Indonesia. 

Apalagi sejak salah satu kawasan wisata di Lombok yakni Mandalika terpilih menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia dengan Pertamina Mandalika International Circuit, sirkuit kebanggaan Indonesia, berlokasi di sana.

Oia, teman-teman suka Ayam Taliwang jugakah?
Kalau main ke Lombok jangan lupa coba Ayam Taliwang yaa...Makan di daerah asalnya, rasanya beneran istimewaaa!!💗


Salam

Dian Restu Agustina













Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

16 komentar untuk "Ayam Taliwang Irama 3 Lombok yang Menggugah Selera"

  1. auto krucuk-krucuk, saya suka banget ayam taliwang karena rasanya yang pas di lidah
    padahal selama ini yang saya makan ayam taliwang buatan sendiri
    Maklum belum petrnah ke Lombok
    Jadi wajib ke Lombok ya? Untuk nikmatin pemandangan dan kulineran ayam taliwang langsung di tempatnya

    BalasHapus
  2. Aduh dud.. duh.. Itu pas foto makanan lengkap, saya langsung ngiler hehehe. Dan kepengin ke Lombok, Mbak. Cobain langsung ayam taliwang hehehe.

    BalasHapus
  3. Masya Allah auto lapar baca dan liat fotonya, hahaha.
    Saya dulu pernah makan ayam Taliwang asli dari Lombok pas masih ngekos dan ada anak kos dari Lombok dibawain ayam bakar Taliwang sama ortunya.
    Enak banget sih, apalagi sayurannya, kangkungnya gede-gede, duh ngiler!
    Kalau ke Lombok wajib cobain!

    BalasHapus
  4. Ada "3" - nya ini penanda cabang ketiga kah, ka Dian?
    Iyayah.. aku makan ayam taliwang di Bali. Karena ada temen yang uda lama tinggal dan Bali dan rekomen makan di tempat makan tersebut.
    Sayangnya, menunya gak selengkap Lesehan Ayam Taliwang Irama 3. Aku sukkaa pake banget sama plecing Lombok. Udah gak ada yang ngalahin enaknya...

    BalasHapus
  5. Hmmm jadi makin pengen liburan ke Lombok deh. Makin banyak hal yg bikin penasaran membuat hasrat ingin mengunjungi Lombok kian menggebu.

    BalasHapus
  6. Saya suka ayam taliwang mbak, pertama suka karena pedasnya sambalnya, kedua karena bumbunya yang meresap, dagingnya nggak alot. Emang rata-rata seperti di Urama 3 ini ya, ayam kampung yang masih muda, terus dagingnya langsung dibumbui dan di bakar

    BalasHapus
  7. Selalu begitu memang mbak, ketika sudah area pencernaan ber dangdut maka tak sempat lagi buat berfoto hehe. Namun alhamdulillah-nya daku masih bisa lihat penampakan semua menunya, yang ternyata penuh warna dan bikin ngiler semua

    BalasHapus
  8. Udah lama sekali akutu ingin nyobain ayam Taliwang. Kapan ya bisa nyobaij langsung di Lombok

    BalasHapus
  9. Waaaa...auto ngiler pengen nyobain juga mba, apalagi bacanya pas perut juga lagi krucuk-krucuk gini..kapan-kapan pengen nyobain juga ah

    BalasHapus
  10. Ayam Taliwang bikin perut lapar, mengida sekali untuk dicoba. Ayam taliwang aslinya dari lombok?

    BalasHapus
  11. Hmmm~ baca dari tulisan aja udah terbayang tuh seenak apa, jadi ngilerr. Di sini tempat saya tinggal kayaknya belum pernah lihat ada yang jual, apa bikin sendiri aja yaa?

    BalasHapus
  12. btw sajian ikan goreng dan sambalnya bikin auto ngiler nihh hihi., dan kalo ngomongin soal ayam taliwang, jujur seumur hidup kayaknya say baru coba sekali deh. Walopun agak pedas tapi ayam taliwang ini enak banget ya. Pengen deh sewaktu2 bisa menikmati ayam taliwang langsung di kota asalnya. Yumm.

    BalasHapus
  13. Ayam Taliwang tu rasanya memang khas banget ya. Kalau di sini ada juga sih ayam Taliwang yang jual, tapi mungkin baka beda ya kalau makan langsung di kota asalnya. Mau lah kapan-kapan cobain juga.

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah ke lombok , tapi pernah cobain ayam taliwang di beberapa resto lombok di jakarta. Sayangnya, walopun memang rasanya enak, tp belum nemu yg pedesnya nampol, secara aku sukaaa bangettttt pedes 🤣.

    Ini antara memang pedasnya hanya segitu, atau ayam taliwang di jkt aja yg mengurangi level pedes 😅

    Pengen sih nanti liburan ke lombok, dan mencoba langsung ayam taliwang di sana. Berharapnya memang beneran pedes nampol sesuai level pedes favoritku 😄

    BalasHapus
  15. yes aku suka ayam taliwang, kalau ke Lombok selalu makan ayam taliwang hahaha
    terakhir ke Lombok, aku makan di Taliwang Irama juga, cuman lupa Taliwang Irama yang dimana, pokoknya rame banget, kalau aku liat banyakan wisatawannya seperti aku.
    Puas kalau makan ayam taliwang di Lombok pokoknya

    BalasHapus
  16. baca ini malem-malem auto kelaperan jadi pengen makan juga lho, apalagi aku pecinta ayam pokoknya dimasak apa aja enak sih ayam tuh

    BalasHapus