Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pergi ke Bandung Sehari Bareng Bestie

Jamiyyah Revoetrixa, begitu nama WA grup yang menaungi 20 orang pengurus Jamiyyah (Komite Sekolah) khusus kelas 9 SMPI Al Azhar 10 Kembangan Angkatan 23 (nama angkatannya: Revoetrixa). Grup yang terdiri dari Bunda-Bunda yang mewakili 4 kelas yang ada, yang fokus mengurus kegiatan kelas 9 di sepanjang tahun tahun ajaran 2023/2024. Hingga tak terasa berakhirlah kepengurusan yang ditandai dengan kelulusan putra-putri tercinta.

Jamiyyah SMPI Al Azhar 10 Kembangan


Nah, sebagai perpisahan, kelar acara kelulusan, terbitlah ide untuk jalan-jalan sebagai penutup manisnya persahabatan. Dan, dengan berbagai pertimbangan ditetapkanlah Bandung sebagai tujuan. 

Berangkat dari Jakarta pagi, pulang dari Bandung malam hari, seru-seruan bareng bestie, beneran bikin happy! 

Ke Bandung sehari  dengan tujuan: makan, belanja, makan, belanja, makan, belanja....dan seterusnya. Itinerary khas emak-emak pokoknya. Berangkat jam 6 tepat dari Jakarta naik mobil Elf 19 seats dengan sewa Rp 1.800.000 per harinya. Transport dan makan ditanggung panitia, tinggal bawa badan dan tentu saja bayar sendiri belanjaan.

Jadi kemana saja perginya?



Itinerary Sehari Bandung

1. Brunch di Jabarano Coffe Braga

Tempat ini dipilih lantaran strategis lokasinya yakni di Jl Braga, juga karena dari 6 pagi sudah buka. Pas buat brunch, selonjorin kaki sebentar setelah perjalanan sekalian pepotoan di tempat ngopi milik Ridwan Kamil yang memang viral. 

Syukurnya pas ada kursi untuk kami ber-16, sebab di sini tuh ramenya...

Pilihan kopi bervariasi, ada yang varian pada umumnya, adapula yang bernama unik yang jadi best seller di sini, seperti Ice Kopi Susu Surili (29K), Ice Kopi Susu Si Merak (31,8), dan Ice Kopi Wayang Golek (31,8). Sementara pilihan pastry juga menggoda serta ada deretan menu mengenyangkan seperti yang dicoba teman saya yakni Mie Kari Spesial Jabarano (43,8K) dan Misoa Kuah Imah (43,8K)

Saya sendiri hanya ngopi dan ngemil roti di sini karena tadi di perjalanan sudah makan perbekalan dari panitia yakni lontong dan gorengan.

Well, bagi saya Jabarano Coffe ini recommended buat jujugan ngopi, selain harganya aman, rasa menunya juga sepadan, layanannya pun memuaskan.

2. Pepotoan di Jalan Braga

Perut kenyang, energi sudah ke-charge lagi habis ngopi, saatnya kita pepotoan di jalan Braga. Adalah @ph.bragastreet, satu di antara beberapa jasa foto di jalan Braga yang membantu mengabadikan momen seru dengan tarif per foto 5 ribu.

Berlokasi di depan Gedung Gas Negara, ada fotografer profesional yang akan membantu mengarahkan gaya kita. Mau gaya seseruan gibahin tetangga, pose alim tanpa dosa, berduaan serasa dunia milik berdua, atau pose berdiri di tengah jalan (saat hari bebas kendaraan). Segala gaya pepotoan ini bisa dipilih mau yang mana yang dikirimkan, baru deh dibayar. 

Asliii, wajib juga nih dicoba kalau ke Braga, biar ada kenangan lewat foto dari fotografer pro!



3. Berburu Tiramisu Susu

Selesai pepotoan, saatnya belanja pertama, jalan kaki ke toko oleh-oleh yang viral juga yaitu Tiramisusu by Chocomory, yang handal dengan cake berbahan dasar keju dengan taburan coklat sebagai toppingnya yang ternama dengan jargonnya sebagai oleh-oleh sombong dengan garansi uang kembali kalau rasanya ga enak.

Untuk yang langsung dinikmati ada Tiramisusu Snow Mountain (48K), atau mau dibawa pulang ada Tiramisu Susu Personal Size Ori seharga 35K, Tiramisu Susu 6 Layers Cookies & Cream dibandrol 95K, Moo Moo Roll (roll cake dengan isian cream coklat tebal) senilai 95K, dan lainnya. 

Tiramisusu-nya enak dan lembut lumer saat masuk mulut. Rasa krim coklatnya lembut, dipadu cake dua rasa yang empuk bertekstur dengan crumble cookiesnya. Tapi ingat terdapat 130 kalori dalam 1 serving (40 g) yaa...hahaha

Sementara Moo Moo Roll cake-nya pluffy dan lembut gak bikin seret, filling creamy berasa seperti lagi makan es krim, cocok untuk dimakan dingin.

4. Borong Roti Sisir di Toko Kue Liza

Cabut dari area Braga, kami ke Toko Kue Liza di Paskal untuk beli roti sisir jadulnya yang enak dengan varian yang banyak. Suasana toko yang menyatu dengan pabrik roti dan area restoran menguarkan aroma segar roti yang baru dipanggang. 

Mau pilih roti sisir klasik dengan isiannya yang sederhana seperti mentega dan gula atau variasi yang beda seperti Roti Sisir isi Biscoff dan Thai Tea yang sungguh unik dengan harga mulai 11 ribu per buah.

Oia, bakpianya Toko Kue Liza juga layak dicoba dengan kulit renyah, flaky juga lebih banyak isiannya seharga mulai 58 ribu per kotaknya.

5. Maksi di Bumi Aki

Beli oleh-oleh sudah, lanjut saatnya makan (lagi) hihihi. Yup, kami maksi di Bumi Aki Heritage mengingat menu khas Sunda yang jadi andalannya serta rasa, fasilitas serta layanan restoran yang memang sudah ternama.

Sebelumnya panitia reservasi dulu sekaligus kami memilih menu. Jadi saat kami tiba, makanan sudah siap untuk disajikan. Ada nasi liwet, gurame makcombrang, ayam bakar, sate ayam, karedok, tumis genjer, tempe goreng tepung, tahu susu lembang, cimplung kentang, pisang goreng, teh tawar panas dan es lemon tea.

Rasanya nikmat, tempatnya nyaman, staf resto ramah dan sat set layanannya, ada mushola yang bersih dengan mukena yang wangi berplastik laundry, ada tempat bermain anak dan bonusnya selesai makan di Bumi Aki, bisa ketemu dan foto bareng Nikita Mirzani. hihihi



6. Belanja Oleh-Oleh di Kartika Sari dan Beli Hijab di Alisha Fancy Shop

Kenyang makan, belanja lagi kita...

Kini saatnya nambah oleh-oleh buat yang di rumah, beli bolen ternama dan teman-temannya di Kartika Sari Bandung. Etapi, ternyata ga cuma ngangkut jajanan tapi ada juga yang beli pakaian yang ada di store-nya..Pokoknya shop till drop kwkwkw

Lanjut ke Alisha Fancy Shop yang di Riau. Belanja perhijaban dan printilan dengan tempat yang nyaman dan koleksi lengkap. Sempat ada drama di sini saat kacamata (baca) saya ketinggalan, sehingga mobil mesti balik lagi hihihi...Syukurnya baru 1 km an jalan. Maapkan ya, temaans!

7. Ngemil Sore di Sams's Strawberry Corner

Capek keliling belanja-belanji, saatnya ngemil lagi di Sam's Strawberry. Pas banget hujan dereees di sekitar, cocok jika ditemani bakso anget, batagor, siomay plus jus strawberry segar. Mantap benar!

Ada yang cuma ngobrol, ada juga yang sambil hunting di FO sekitar situ. Pokoknya, dihitung semua , mesti belikan si kakak, si adik,si Bapak, juga beli buat diri sendiri hihi

Sampai jelang Maghrib, saat hujan masih deras sekali, kami pun memutuskan pulang ke Jakarta. Sebelumnya singgah dulu di rest area untuk menunaikan sholat Maghrib dan Isya hingga pukul 10 malam tiba di Jakarta.

Penutup

Well, pergi ke Bandung bareng bestie meski cuma sehari beneran bikin happy. Sejenak lupa akan tumpukan kerjaan yang mesti diselesaikan d rumah juga lupa sejenak masalah apalah apalah..

Memang healing ga perlu ribet, saat ada waktu, tentukan agendamu dan berangkatlah bareng kesayanganmu! 

Semoga itinerary sehari di Bandung dengan tujuan kulineran dan belanja ini bisa jadi referensi jika dirimu ke sana juga bareng teman-teman ya...See Ya!!💗


Salam Sehat

Dian Restu Agustina



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

25 komentar untuk "Pergi ke Bandung Sehari Bareng Bestie"

  1. Nama grupnya nyentrik mbak Jamiyyah Revoetrixa hehe. Pastinya seru ya bisa jalan-jalan bareng bestie. Kebayang sih ramenya, secara yang jalan itu emak-emak semua gitu haha

    BalasHapus
  2. Jadi pingin segera ke Bandung.. meskipun dekat dari Depok tapi belum pernah kesana

    BalasHapus
  3. Haduh kalo sehari mah kurang!!! Jalan-jalan ke Bandung tuh terlalu banyak yang harus dicoba kan???
    Aku kemaren pas ke Braga pas malem, dan kokk yaaa pas hujan. Jadi ngga bisa jalan-jalan ngga bisa poto2. Gagal night street walk kan syeddihh.
    Mau ke Bumi Aki Heritage juga ngga sempet, pengen gurame makcombrang. Sapa tau bonus ketemu Nikmir hehe.

    BalasHapus
  4. Memang lebih baik begitu, pas ada rencana cuss segera eksekusi. Daripada dibuat jadwal tapi gak jadi jadi. Hihi...
    Senangnya nih udah nongkrong di Jabarano
    Bagaimana pelayanan di sana orangnya ramah gak?

    BalasHapus
  5. Ini seru banget, Mbak Dian. Dan rezekinya 16 anggota bisa ikut semua. Dan sebenarnya, kalau acra bareng bestie begini, ga bakal cukup sehari hahaha.

    BalasHapus
  6. Ya ampun cuma sehari tapi bisa datang ke banyak destinasi
    Keren komunitasnya, semoga selalu guyub ya
    Baca tulisan Mbak Dian sambil hahahihi karena ada beberapa yang belum pernah saya kunjungi
    Seperti toko Liza itu deket dengan rumah Rajawali,
    tapi saya belum pernah ke sini, walau sering banget ke Paskal
    malah sering jalan kaki pagi ke sini

    BalasHapus
  7. Wah keren! Thank you Mbak Dian sudah berbagi artikel yang lengkap banget tentang jalan-jalan ke Paris Van Java Bandung, terlebih berbagi itenary yang mantul abis. Sip, jadi bisa buat referensi saya kalau mau berkunjung ke Bandung.

    BalasHapus
  8. Memang kalau jalan bareng temen sefrekuensi tuuuh senangnya engga terkira. Mampir-mampir engga mikir kemacetan Bandung, tinggal bawa badan (...dan duid...hihi...).
    Wah...jadi pengen iiih ngejabanin Roti Liza. Jauh sih dari rumah. Tapi yg dari Jakarta aja sampai ke sana...
    Braga keren sekarang, ada juru photo profesional, yg harga terjangkau...
    BTW...dreskode-nya keren ih. Biru-hitam, tapi tetep eye catching...Jempol-jempol...
    Habis ini ke mana lagi yaaa? Cirebooon...hehe...

    BalasHapus
  9. Sehari yang sangat padat kegiatan dan memadatkan ... perut. Hehehe.... Untuk kunjungan sehari, Braga dan sekitarnya memang jadi destinasi favorit.

    BalasHapus
  10. Seru memang ya kalo reramean begini. Kesempatan yang bikin kita saling mendekat satu sama lain. Apalagi barisan tujuannya seru-seru semua. Termasuk pepotoan untuk mengukir kenangan sepanjang masa. Bakal keingat selalu ini sih. Bandung ya. Destinasi wisata terdekat dari Jakarta. Apalagi saya Mbak. Dari rumah di Cikarang, kalau traffic lancar, palingan cuma 1.5jam sudah nyampe Bandung. Jadi memang sering banget ke sana.

    Eh btw kok bisa pepotoan bareng NM? Gak sengaja ketemu?

    BalasHapus
  11. Itinerary padat merayap, tapi berkesan semua nih kayaknya yang dijelajahi. Soalnya tempatnya menyenangkan ya di Bandung, apalagi bepergiannya bareng bestie pulak.
    Cuma kok kayaknya mbak Dian kurang ekspresif nih di foto tetep khas dah kalemnya😄, mana ekspresinya eh 🤣🤣

    BalasHapus
  12. Seruuu banget! Pasti kurnag nih karena cuma sehari. Kalo bisa mah, berhari-hsri ya Mb? Hehe. Meski hanya sehari, pasti happy. Itung-itung sebagai reward atas kerja keras kalian sbg mama Komite kelas 9. Kompak selalu ya kalian!

    BalasHapus
  13. Seru banget ini mbaaaa....ak cuma anak2nya yang hepi acara perpisahan tapi mommy2 nya juga dapat kenangan terindah selama masa jabatan..ceileee jabatan niee hehe,,,
    Aku baru tau kalo ternyata di braga ada jasa foto juga disekitar sana..mana cuma 5rb kan kalo rame2 jadi gak berasa minta difotoin sepuasnya :)

    BalasHapus
  14. Mana kompaaak semua pake nada biruu lagi bajunya hihi, kapan lagi yaa jalan2 sama bestie kompakan kek giniii, hihi. Ikut seneng lihatnyaa mbaaa <3

    BalasHapus
  15. Wuihihi... cakeppp
    Welkam in the bandung city teteh cantik...
    Nyaris sempurna tapi kurang afdol kalo ga jajan sate djando sembari ngampar full asap, jadi pulang2 gareulis bau asap bajunya hihi

    BalasHapus
  16. Wah itinerary-nya asik.bangeeet. Saya pernah juga ke Bandung sehari dari Surabaya, sebelumnya soalnya mampir di Kabupaten sekitar Bandung jadi hanya punya sehari di Bandung. Sayangnya waktu itu ga sempat mampir Braga icip-icip kulinernya kayak gini. Sekarangnudah ada Woosh. Semoga kalo pas ke Jakarta bisa main ke Bandung kayak di blog ini.

    BalasHapus
  17. Waah.. seru Mbak, bisa pergi bareng bestie begini. Ini bisa jadi ide kalau nanti ada yang mau ke Bandung one day trip nih. Braga sepertinya masih jadi favorit banyak orang untuk dapat foto-foto yang estetik. Dan kuliner Bandung memang gak pernah ada habisnya ya.

    BalasHapus
  18. Seru banget sih mba....kebayang emak-emak ber enambelas gimana riweuhnya wkwkwk. Tetep ya mba Kartikasari jadi oleh-oleh yang wajib dibeli kalau ke Bandung

    BalasHapus
  19. Khas emak-emak banget nih makan, belanja, makan, belanja wkwkwk
    kalau pergi bareng sama teman-teman sevibe sih pasti seru la

    BalasHapus
  20. Seru banget nih mbak jalan2 sehari di bandung. duh jadi kangen bandung

    BalasHapus
  21. Aku mau dooong tiramisu susunya mbaaa hehehe.. seru juga ya jalan bareng dengan yang sefrekuensi gini. Kompak nih ibu2 Al Azhar.

    BalasHapus
  22. Seneng banget jalan-jalan bersama sahabat ke Bandung.
    Seru dan kompak banget geng Jamiyyah Revoetrixa.
    Kalau SMA-nya di Al-Azhar lagi, bakalan ada grup bareng-bareng gini lagi yaa...ka Dian?

    BalasHapus
  23. Hasil pepotoan di Braga baguuss yaah..
    Sekarang seneng deh, Braga beneran enakeun dibuat jalan-jalan karena resmi di tutup, gak dilewatin ama kendaraan bermotor lagi.
    Apalagi jalannya juga estetik. Cocok buat foto lompat gituu.. aduhaaiii, cantiik niaan!

    BalasHapus
  24. Foto fotonya bagus ya.. Estetik nih tempat tempat yang dikunjungi. Emak emak cantik jalan jalan ketemu artis

    BalasHapus
  25. Serunya ke Bandung bareng bestie. Banyak tempat yang bisa didatangi ya dan foto fotonya pasti keren semua. Eh tapi cukup gak sih kalau cuman sehari?

    BalasHapus